Friday, April 21, 2017


THE SECRET OF  RICHNESS..oh..what's that?

Tips utama rahasia kaya adalah KAYA HATI dan KAYA IMAN...

Paham nggak maksudnya? Coba direnungkan.. apakah kamu termasuk orang yang memiliki kekayaan hati dan kekayaan iman?...Tanya pada diri sendiri ya.. dan jujur pada diri sendiri..


Berikutnya adalah :

  1. Suka menabung
  2. Suka memberi
  3. Tidak pelit
  4. Ramah dan tidak pendiam
  5. Suka menyenangkan orang lain
  6. Tidak egois
  7. Perhatian dengan kebutuhan orang lain
  8. Mau berbagi
  9. Banyak senyum..dan tidak sok cemberut atau sok jaim

Yang terpenting DOA sebelum dan setelah berusaha..
Tapi kalau belum dikabulkan, tetap berdoa.., ya mungkin aja tahapnya pelan2...

Oya, yang terpenting jangan boros untuk hal2 yang kurang penting contoh :
  1. Pakai hp mahal.. Kalau belum punya duit banyak, ya pakai hp berdua aja antara suami istri atau  anak ortu atau bisa juga beli hp yang murah tapi bisa sms dan telpon...
  2. Bergaya hidup mewah sebelum benar2 kaya..(yang penting seadanya...lho..)
  3. Besar pasak daripada tiang (ntar terbelit utang buanyak.., kamu ndak makan..heheh)
  4. Beli barang2 bermerk bila barang standar sudah mencukupi kebutuhan. Beli yang standar saja, yang penting sesuai kebutuhan standar sehingga masih ada uang untuk sedekah buat yang lebih kurang mampu. Ingat memperkaya dirimu hanya untuk gengsi akan menguras energi kekayaan hati dan imanmu sehingga meningkatkan sisi keegoisanmu dan lupa orang lain.
  5. Hidup wajar.Jangan jaga gengsi agar tampak wah atau hebat..(seadanya aja..., wong adanya itu..., yaudah..).Bila belum punya uang cukup banyak, jangan suka beli hal2 kecil hanya untuk jaga gengsi, missal : beli tas, sepatu atau arloji mahal, beli baju mahal dan bermerk, beli kosmetik/parfum mahal hanya untuk gengsi.
  6. Hidup melestarikan lingkungan. Jangan pakai AC/Air Conditioner walau udara panas, cukup AC alam/kipas angin.
  7. Tidak meniru gaya hidup orang lain..(NAH INI YANG PALING PENTING..)BE YOURSELF..
  8. Beli mobil baru bila TELAH cukup tabungan, ingat pajak mobil, bayar bea perawatan mobil dll
  9. Lebih baik gunakan untuk beli tanah cash lalu bangun rumah sendiri dengan sedikit tukang. Biar lambat asal selamat. Rumah jadi dan tidak terbelit hutang. Ingat bila beli rumah dengan nyicil, akan menguras total pengeluaran uangmu pada akhirnya nanti.
  10. Bila memang harus kontrak rumah, kontraklah rumah murah agar tidak menguras tabunganmu.
  11. Permudahlah kesuksesan orang lain saat kamu bekerja. Misal kamu bekerja melayani masyarakat, permudah urusan orang lain bila itu terkait tugasmu. Jangan mempersulit pelayanan/jangan menunda pelayanan/jangan mengulur2 waktu hanya karena tidak memberi uang tips/hadiah. Jangan mengambil yang bukan hakmu walau orang tersebut lebih kaya darimu. Ingat kamu sudah punya gaji. Oya jangan iri hati juga. Sedikit/banyak harus kamu syukuri. Gaji sedikit, tetap bersedekah dan tetap menabung. Oya niatkan bersedekah itu untuk Allah, bukan untuk kaya. Mempermudah urusan orang lain yang menjadi bagian dari pekerjaanmu termasuk sedekah. Mempersulit urusan orang lain akan mempersulit rejekimu dan itu bukan sedekah. Oya jangan serakah. Serakah juga akan mempersulit urusan orang lain sehingga rejekimu akan seret. Pahami dan jadikan kebiasaan hidupmu. InsyaAllah kekayaan lahir bathin menyertai hidupmu..
  12. Oya masih ingat kan pelajaran tentang kebutuhan primer itu apa saja? kebutuhan sekunder itu apa saja? kebutuhan tersier itu apa saja? Nah terapkan itu semua dalam menjalani kehidupanmu.

             Btw, pernah lihat nggak bayi yang langsung bisa lari? Nggak ada kan. Pasti ada proses pertumbuhan dan perkembangan kan sebelum bisa lari?..Cobalah untuk tekun, sabar dan mempraktekkan tips2 di atas...
Intinya jadilah pribadi yang gampangan (gampang memberi dan gampang berbagi).
 
Semoga bermanfaat dan barokah.
Mohon maaf bila ada yang kurang berkenan dalam penyampaian.
Trima kasih atas perhatiannya

Bismillah, Ramadan Kareem 2024, Hope Barokallohu. Aamiin YRA

Dokter Rosa Lelyana MSi Med SKed PhD Nutrition and Medicine Lecturer from Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/Undip Semarang, Jawa T...