Sunday, February 11, 2018

Be a patient person --- 

Apa iya siih saya yang kurang sabar?

Tapi saya lebih lamaaa...dari yang lainnya...
Buat saya...termasuk lamaaa bangeet...
Lha iya siiih, kalau mengingat ingat yang kemarin2...
Apa yang terjadi pada sya ..it's so incredible ! Saya nggak pernah kebayang2...sekarang saya dikejar2 si foreigner2..., tiap hari email isinya begitu..., dibalik stres...tersebut...Ya Alhamdulillah banget..yaaa
nggak pernah nyangka..., ngebayangin aja nggak...
Gimana bisa ngebayangin kalau terbersit pun tidak...
Saya pikir saya akan dikejar2 si foreigner2 tersebut setelah saya menjadi orang yang TOP atau sangat TOP, atau sangar...atau setelah menjadi orang hebat..
Nyatanya....., Alhamdulilah saya begini pun dengan polosan begini sudah dikejar2...
Lha kok bisa? lha ya ndak tahu..., Allah lebih tahu...
Jadi sangat jauuuh dari yang saya bayangkan...,kok bisa yaa?

Believe it or not...
Saya sudah chek dan..., nggak ada yang ngalami seperti yang saya alami...
Subhanallah...

Ya mengenai sabar..
Kadar sabar saya memang masih rendah..., rendahhhh banget....dibanding panjenengan2...
Saya itu kadang memang ngga sabaran...
Sekarang saya dikejar2 si foreigner2 itu juga karena Alhamdulillah...saya dianggap apa...Subhanallah saja, Alhamdulillah.., barokallohu...
Saya senyum kalau ingat ini...dan trus saya jadi orang sabar lagiii...
Memang menunggu sesuatu haruss sabar...
sabaaarrrr banget...
sabar itu  buat saya...lhooo....kan sama dengan menunggu....
dan menunggu adalah pekerjaan yang paling saya benci..., karena menunggu bisa bikin saya jadi stres,,,,
Bener kan...,lho jujur kita itu manusia biasa...kadang...menunggu itu bisa bikin jenuh...bahkan stres...
ini buat saya...

Ya mungkin kadar ilmu sabar saya belum seberapa, sangat jauh dibanding pembaca...
Tapi ya begitulah...
Kalau ingat apa yang sudah diberi Allah..., saya senyum lagiii...., Alhamdulillah...
Geliii sendiri..., ketawa sendiri...
Bukan gila lhooo..., ini ngetawain diri sendiri...
Kadang sesuatu yang diminta2 nggak datang2, kalau nggak diminta malah trus datang...
Tapi ini beda...
Tapi ya wallahualam...hanya Allah Yang Tahu...
Mungkin Allah paham, niih mahluk yang satu ini memang aneh...
Saya paham, bila diuji berarti disayang...
Tapi astaghfirullah...., ampuni hambaMu ini Ya Allah...
Hanya manusia biasa...

Padahal kalau sabar..., hadiah dari Allah sangat luar biasa...
Tapi saya ya udah lumayan sabar lah...
Walau tidak 100% happiness..., tapi ya at least mending lahh...
Sudah kuisi dengan berbagai hal yang InsyaAllah memberi manfaat buat orang lain, walau mungkin dikiit...
Kekurangan saya...? Ya biarlah Hanya Allah yang paham..., banyak pasti...

Saya kini sadar, buah semua ini adalah saya menjadi sadar...bahwa saya memang CUMA manusia biasa...
Saya tidak bisa menjadi seorang perfectionist...
Saya dulu termasuk perfectionist...
Kini Alhamdulillah tidak...
Bahkan kini semakin tidak perfectionist...
Entah apakah ini berarti sebuah kemunduran atau apa..., Wallahualam...
Tapi InsyaAllah saya paham, semua untuk kebaikan saya...
Sediih juga...sebenarnya...tapi ya sudahlah..mungkin Allah ingin menunjukkan pada saya bahwa saya itu CUMA manusia biasa, jadi ya biasaa sajalahhh..., tidak boleh alay bin lebay...

Maaf...
Semoga yang sedang mengalami masalah dengan kesabaran..., menjadi lebih sabar...
InsyaAllah sayang pada kita...makanya diuji..., kok banyak banget ya...ujiannya...
Ya itu..., tambah sayang..., tambah banyak...ujiannya...
Astaghfirullah..., Subhanallah, Wallahualam..., Hanya Allah Yang Tahu...Yang Terbaik...
Ya...itu seperti kisahku dengan para foreigners...., mana mungkin saya punya teman2 foreigner dan rekan2 kerja foreigner yang termasuk cukup buanyak, Alhamdulillah..., kalau bukan karena ujiannya ini dan mungkin Allah sudah anggap aku sedikit lulus..., makanya diberi kayak begini..., surprise banget..., berulangkali saya bilang surprise...karena yang profesor2 pun di tempat saya...juga nggak kayak gini...lhooo..., atau mungkin sedikit dan beberapa saja dan sebagian besar bahkan tidak ngalami...seperti yang saya alami...
Atau mungkin suudon yang nggak2..., dikira KKN...hahaha...mana mungkin luar negeri KKN? lha itu baca beritanya kan...orang Indon, orang TOP saja ditolak masuk Amrik..., padahal katanya ada surat undangan...atau surat apa lah..., jadii...ya nggak lah..., mereka yang pertama invite2 aku..., mereka yang kontak aku duluan, baik lewat email, kadang telpon, kalau WA mereka ngga mau lhoo...apalagi kalau hubungan kerja..., naah kalau yang ada WAnya yang nggak terkait kerja atau orang Indi  biasanya masih bisa..., tapi kalau Amrik mereka so serious person, WA mereka kagak mau kalau hubungan kerja..., lhooo ini beneran lhoo..., nggak ngarang...
Kalau orang Amrik (pengamalan saya lhoo) kalau sudah WA.., naah berarti udah masuk ranah pribadi..., gituuu makanya mereka nggak mau campur aduk, gado2,,kerja ya kerja......, tapi kalau orang Indi... gpp, hubungan kerja juga nawarin lewat WA (Orang Indi tahu kan maksudnya, bukan Indo ya...?)

Oya, by the way..., bicara ngalor ngidul...., biarin yaa. agar kamu dapat ilmu...komunikasi kan dengan orang2 foreigner...
Aah.., maaf lupa...ik...,blank...
Ya gitulah,...oya... gini..., mereka nggak seburuk yang diduga..., kadang2 senior2 kita bicara bahwa masukin ke journal yang gini gampang, kalau itu susah...
Nggak juga, sama susahnya...
Yang jelas kalau udah dikenal,  ada networking...yaa...InsyaAllah...
Sama aja di sini, kalau kita punya networking lebih baik...
Jadi networking saya..., ya mereka yang hubungin sayalah..., mereka first, bukan aku yang kontak mereka...,takut lahh aku..., mereka kan orangnya pilihan..., nggak sembarangan hubungin dan kontak orang..., saya aja walau dikontak, kadang nggak langsung response..., ada yang sampai setahun lebh... atau beberapa bulan untuk meng-iya-kan permintaan mereka...atas penawaran mereka..., dulu siih..lama yaa untuk meng-iya-kan karena saya suka pikir2 dulu..., banyak pertimbangan...dan juga saya suka yang gratisan (hahaha...) tapi saya juga makin paham bahwa... insyaAllah  profesional...dan bukan asal2an...

Jadi kalau saya banyak jadi editor sana sini, dan reviewer sana sini...,trus diminta bicara sana sini dan nulis di sana sini...., mereka para foreigner2 itu yang minta lhooo...., bukan saya yang nawarin...atau unjuk diri..., Alhamdulillah..., mereka minta saya..., trus  baru saya kasih jawaban...
Juga bukan karena kenalan si A, si B, orang Indonesia...
Bukan,, mereka langsung invite saya..., entah pertimbangan mereka apa...? yang jelas sebagian besar muji tulisan ilmiah saya di journal internasional...,, banyak banget yang muji..., Alhamdulillah...
Oya, bahkan saya pernah lho punya fans...orang Aust yang kerja di Amrik, cakeep banget...dia bilang tahu saya dari tulisan...ilmiah saya...,hhh...sayang kita tengkar...ya karena beda culture dan mungkin karena saya juga nggak sadar kalau beda...jadi harus adaptasi...
Yaah memang kekurangan saya kadang begitu..., lupa kalau ada perbedaan...
Aah, semoga sadar ya dia..., orangnya baik, jujur, polos.., mau nerangin ini itu, apa adanya dan detail..., aku jadi paham lumayan banyak hal... tapi ya gitu...lah...
Masih banyak siih temen lain, tapi yaa semuanya gitu..., cuma basa basi...namun kalau dia dan satu orang lagi yang dari Indi yang the best for me...

Jadiii..., sabar itu wajib..., ada di Alqur'an kok...
Oya baca S.Al Ankabut 29 : 2-10....dstnya..., bila galau karena ujian dari Allah...
InsyaAllah bila bisa melewati, hadiahnya maniis banget...seperti apa yang tertera di bathin kita..., karena mbathin aja..udah doa kan..., ya bathin yang baik dan bila memang itu suatu kebenaran...InsyaAllah dimenangkan oleh Allah...,Aamiin YRA

Yang penting jihad di jalan Allah...
Kalau kamu mencapai sesuatu karena menjual diri/tubuh lewat cara apapun untuk dapat ini itu, itu BUKAN JIHAD...
Kamu hanya mendapatkan duniawi, bukan mendapat kebaikan untuk akhirat...,like what you want, so Allah will not give you a great reward...

Bismillah, InsyaAllah  semua baik2...sooner or later..., and forever..., Aamiin YRA


*Be yourself *Be a positive thinking person*Love people = Love yourself*

Bismillah, Ramadan Kareem 2024, Hope Barokallohu. Aamiin YRA

Dokter Rosa Lelyana MSi Med SKed PhD Nutrition and Medicine Lecturer from Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/Undip Semarang, Jawa T...