Thursday, January 4, 2018

Lazy Heredity



Genetik Pemalas  Akan Melahirkan Pemalas...
dan Moslem tahu : Kebersihan adalah pangkal dari iman tapi banyak yang malas menjaga kebersihan
Setiap moslem paham hal tersebut.
Tapi saya jujur tidak bisa memungkiri bahwa di sekitar saya banyak yang kurang bisa menjaga kebersihan.Padahal semua moslem. Astaghfirullah.Tidak membuang sampah dan menjaga kebersihan juga termasuk dosa lhooo...
Jangan malas gitu lhooo...
Iiih.., kenapa siih pemalas banget..buang sampah di tempat, kalau nggak ada tempat sampah ya simpan duluu kaliii...
Beres2 juga kenapa siiih padha maleeeeessss banget!!
Turunan kali ya.., turunan pemalas...,hahhaaha
Genetiknya pemalas ya akan menurunkan anak pemalas..
Tapi tergantung dominan ibu yang rajin atau ayah yang pemalaass...
Nahhh lhoo...
Ayooo jangan malas

Beberapa catatan kecil tentang pemalas dan tidak mau jaga kebersihan!!

Contoh : buang sampah tidak pada tempatnya.
Botol2 bekas diletakkan dan tidak dibuang pada tempat sampah.
Bahkan di instansi kecil saya, mencuci piring atau gelas yang habis dipakai dirinya sendiri saja malas.
Kemudian, menyapu dan mengepel lantai serta beres2 berkas2 kantor miliknya sendiri saja malas.
Saya heran, mengapa begitu malas untuk membersihkan kertas2 yang tidak terpakai.
Kalau toh belum sempat dibereskan, bisa ditata dengan rapi dan suatu saat punya kesempatan, bisa dipilihi kemudian dibuang yang benar2 tidak terpakai.

Yang saya syukuri adalah :
Masjid2 sekarang sebagian besar/hampir semua sudah bersih!!!
Saya bersyukuuur bangettt!!
Dulu saya sempat mbathin.., kok "gini" ya? Kini hampir semua/bahkan semua masjid tampak bersih, rapi dan bahkan indah juga bagus!!
Subhanallah. Doa bathin saya terkabul.

Namun, yang belum bisa berubah adalah kita.
Kita kadang belum bisa menuruti : Kebersihan adalah pangkal dari iman!
Seharusnya setiap moslem menyadari hal tersebut.

Pernah juga saya di kantor kecil saya, ketika itu ada pindahan lokasi kantor.
Nah, saya belum sempat lihat karena terkait aktivitas di tempat lain.
Nah, ketika saya datang untuk beres2, bayangan saya sebelum itu," ...waah pasti punya teman2 juga belum ditata niih....karena saya hafal kebiasaan mereka.., makanya saya bawa 2 pembokat /pembantu saya pribadi, bawa sapu dan pel serta creolin dan perangkat kebersihan lain..(maaf, di tempat saya memang sebagian swalayan..)
Eh benar bayangan saya tersebut! Ternyata memang mereka belum beres2 dan ketika hari itu saya datang untuk beres2 dan menata meja kerja saya, eeh...hari selanjutnya mereka baru terhenyak untuk beres2 dan merapikan. Padahal setahu saya, mereka sudah berada duluan di sana daripada saya, dan sudah beberapa bekerja di tempat baru tersebut. Namun, mengapa harus melihat contoh orang lain beres2, baru mereka terhenyak?
Itulah generasi milenium!! Memang seperti itu...harus disadarkan!
Tapi Wallahualam..., mungkin di tempat lain tidak seperti itu..,ya Subhanallah..


*Be yourself *Be a positive thinking person*Love people = Love yourself*

Bismillah, Ramadan Kareem 2024, Hope Barokallohu. Aamiin YRA

Dokter Rosa Lelyana MSi Med SKed PhD Nutrition and Medicine Lecturer from Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/Undip Semarang, Jawa T...